SERIBU PESONA DIANTARA PANTAI-PANTAI

 

Kabupaten Malang dikenal dengan sebutan Kabupaten Seribu Pantai. Sebutan ini tentunya beralasan, karena ada lebih dari seribu pantai cantik yang ada di Kabupaten Malang.  Selain pantai Kabupaten Malang juga punya destinasi wisata pegunungan yaitu Gunung Bromo, dan berbagai destinasi menarik lainnya. Sesuai dengan Visi dan Misinya Kabupaten Malang bertekad untuk mengembangkan pariwisatanya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang.

 

Bapak Dr. H. Rendra Kresna Bupati Malang

Reporter Inspire Magazine, Rere Kurniawati, berkesempatan melakukan wawancara ekslusif bersama dengan Bupati Malang, Bapak Dr. H. Rendra Kresna, terkait dengan pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang.

Mengapa Kabupaten Malang Layak Untuk di Kunjungi?

Kabupaten Malang memiliki banyak sekali destinasi wisata, sekitar 90% dari destinasi wisata tersebut merupakan destinasi wisata alam. “Kalau di Kabupaten Malang sebagian besar memang destinasi wisata alam,” ungkap Rendra, “Sehingga orang yang jalan-jalan bakal merasakan sesuatu yang tidak dapat dijumpai di kawasan lain.”

Lebih lanjut, karena sebagian besar destinasi wisata Kabupaten Malang merupakan objek wisata alam, maka suasana yang diberikan juga berbeda. Salah satu contohnya, pengembangan home stay dibanding hotel di kawasan Gunung Bromo bertujuan untuk memberikan peluang bagi warga sekitar untuk mengembangkan objek wisatanya serta memberikan suasana berbeda bagi pengunjung dengan merasakan kehidupan sehari-hari penduduk sekitar secara sosial.

“Kalau di home stay, wisatawan itu akan merasakan suasana hidup bersama warga setempat,” ucap Rendra, “Semakin terasa keunikan dari objek wisata Kabupaten Malang-nya.”

Penghargaan apa saja yang telah diraih oleh Kabupaten Malang terkait Pariwisata?

Banyak penghargaan yang telah kami peroleh baik tingkat propinsi maupun tingkat nasional. Beberapa penghargaan tingkat propinsi di antaranya adalah Desa Pujon Kidul yang berada di Kecamatan Pujon serta Desa Gubugklakah di Kecamatan Poncokusumo sebagai Desa Wisata terbaik. Selain itu Kabupaten Malang juga menjadi Wisata Religi Terbaik di Jawa Timur tepatnya di Masjid Tiban di Turen. Berikut beberapa penghargaan yang di peroleh tahun 2016-2017 di Bidang Pariwisata.

Visi dan Misi Kabupaten Malang tahun 2016-2021

“Terwujudnya Kabupaten Malang yang MADEP MANTEB MANETEP”

  1. Memantapkan kesadaran dan partisipasi masyarkat dalam pembangunan guna menunjang percepatan revolusi mental yang berbasis nilai keagamaan yang toleran, budaya lokal, dan supremasi hukum;
  2. Memperluas inovasi dan reformasi birokrasi demi tata kelola  pemerintahan yang bersih, efektif, akuntabel dan demokratis berbasis teknologi informasi;
  3. melakukan percepatan pembangunan dibidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia;
  4. Mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis pertanian, pariwisata, dan industri kreatif;
  5. Melakukan percepatan pembangunan desa melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kualitas SDM dan pengembangan produk unggulan desa;
  6. Meningkatkan ketersediaan infrastruktur jalan, transportasi, telematika, sumber daya air, permukiman dan prasarana lingkungan yang menunjang aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan;
  7. Memperkokoh kesadaran dan perilaku masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah untuk membangun Pariwisata?

Pariwisata telah menjadi salah satu bagian dari tiga fokus strategi pembangunan Kabupaten Malang selain pengurangan kemiskinan dan lingkungan hidup. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang telah dan akan terus melakukan pembangunan baik infrastruktur maupun SDM di sektor pariwisata. Pembiayaan untuk pariwisata Kabupaten Malang sendiri dibiayai oleh APBN, APBD Provinsi Jawa Timur, serta APBD Kabupaten Malang, sehingga pengembangan dapat berjalan dengan semaksimal mungkin. Selain itu, fokus selanjutnya adalah masalah teknis operasional terkait dengan keterlibatan masyarakat serta stakeholder.

Bagaimana dukungan masyarakat terkait Pembangunan Wisata di Kabupaten Malang?

Secara umum masyarakat Kabupaten Malang sangat mendukung pemerintah untuk mengembangkan wisatanya. Masyarakat  tidak hanya sebagai objek wisata, tetapi berperan sebagai subjek dan pemasar wisata sehingga pariwisata berkembang secara terus menerus. Selain itu, masyarakat yang telah merasakan dampak langsung terhadap wisata yang ada di Kabupaten Malang. Masyarakat muali ikut mengembangkan dan membuat objek wisata baru seperti destinasi kuliner, kerajinan tangan, oleh-oleh, home stay, dan lain-lain.

Harapan apa yang belum tercapai untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang?

Harapan saya terkait dengan pengembangan wisata Kab Malang adalah pengembangan 3A yaitu amenitas, akomodasi, serta atraksi dalam wisata Kabupaten Malang yang harus menjadi bagian utuh yang tidak terpisahkan. Saya juga ada hotel berbintang lima di kawasan Pantai Kondang Merak di Kecamatan Bantur misalnya, yang kemudian dapat menarik perhatian wisatawan asing untuk datang ke Malang. Selain itu, saya ingin membuat Kabupaten Malang tidak hanya terkenal di Indonesia namun juga semakin terkenal di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *