Kamis, 29/4 Presiden Jokowi mengunjungi Desa Majang Tengah, Kabupaten Malang. Kehadiran beliau ini untuk melihat dan memastikan bantuan korban gempa telah sampai kepada masyarakat. Warga yang rumahnya rusak berat diberi bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, sementara untuk yang rusak ringan mendapat bantuan Rp10 juta.

Berdasarkan laporan yang diterima Presiden, sebanyak 1.716 rumah di Kabupaten Malang mengalami kerusakan, mulai dari ringan hingga berat. “Tadi saya sudah dapat laporan kerusakan khusus untuk yang di Kabupaten Malang, ada 1.716 rumah, baik rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan,” kata Jokowi.

Pembangunan rumah dan fasilitas umum terdampak gempa di Kabupaten Malang akan dimulai dalam waktu dekat. Jokowi menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membenahi fasilitas umum yang rusak akibat gempa di Kabupate Malang.  Selain meninjau lokasi gempa di Malang, Jokowi juga akan melakukan panen raya di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang yang di damping Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa Bupati Malang Sanusi,

Dalam kesempatan Kunjungan Presiden Jokowi, sempat menengok sebentar tenda trauma healing yang di persiapkan bagi korban gempa yang memberikan apresiasi tanda Jempol kepada Relawan Himpsi Malang. Sayekti pribadiningtyas Psikolog Wakil ketau Himpsi Malang yang sejak kemarin (Rabu di kecamatan Tirtoyudo) saat ini berjibaku dari tenda ke tenda memberikan dukunga Psikososial utamanya pada anak anak.

“anak anak kita ajak menyanyi lagu gempa, bermain bersama, menggambar, bercerita, serta mendongeng” Harapannya anak anak terbangun nilai semangat dan motivasi belajar kembali dan dapat melupakan bencana. Terang Nining panggilan akrab yang juga Psikolog Puskesmas Kota Batu itu yang di damping oleh rekannya Rina Wijayanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *