Digitalisasi Industri Pariwisata Peran STMIK-STIE ASIA Malang

dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia

 

Menjabat sebagai ketua Perguruan Tinggi di STMIK-STIE ASIA Malang “Ir. Teguh Widodo, MM”  yang mempunyai hobi kuliner, fotografi dan travelling dan sedang menyelesaikan pendidikan Doktor ini telah melakukan berbagai macam upaya untuk mendorong para mahasiswa dan SDM yang ada di STMIK-STIE ASIA Malang untuk siap bersaing dalam dunia bisnis.

Yusnia Mirna dari INSPIRE Magazine berhasil menemuinya untuk wawancara ekslusif, di ruang kerja Ketua Perguruan Tinggi STMIK-STIE ASIA Malang. Mengali informasi tentang kesiapan dalam bersaing di dunia bisnis.

Harapan STMIK-STIE ASIA di tahun 2018?

Harapan ASIA  di tahun 2018 yang menurut banyak pengamat sebagai tahun yang penuh dengan ketidak pastian karena ada pemilihan calon kepala daerah , yang bisa jadi berimbas pada perekonomian,dan perekonomian boleh terombang-ambing tetapi perusahaan harus tetap exist, untuk exist butuh SDM yang capable dan dari kampus STMIK-STIE ASIA Malang sudah mempersiapkan SDM yang capable itu dengan kurikulum yang sesuai dengan dunia kerja saat ini dan saat yang akan datang dengan mata kuliah Business Practice dan Technologi in Practice sehingga di tahun 2018 STMIK-STIE ASIA tetap exist karena ilmu yang diajarkan memang sangat dibutuhkan dunia kerja

Jika anda mempunyai “support bisnis” bisa di ceritakan, misalnya STMIK-STIE ASIA mensupport bisnis apa saja?

STMIK-STIE ASIA telah lama menyiapkan generasi muda di dunia pendidikan dalam memasuki dunia kerja/dunia bisnis. Realita yang dihadapi adalah sering kali adanya GAP yang cukup besar antara dunia pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia riil kerja/dunia bisnis. STMIK-STIE ASIA memiliki visi dan misi untuk memperkecil GAP tersebut dengan merancang kurikulum sedemikian rupa sehingga mata kuliah didalamnya dilaksanakan dengan metode Project Based Learning. Mata kuliah Business Practice dirancang selama 4 semester, mendidik mahasiswa STMIK-STIE ASIA untuk  hard skill dan soft skill dengan menjunjung tinggi 5 value ( profesionalisme, integritas, loyalitas, kreativitas dn inovasi ) ini satu-satunya yang ada di Indonesia , pada 2018 ini mahasiswa semester satu menyelenggarakan event dengan peserta SMA/SMK Se Malang Raya dimana puncak kegiatannya di Mall Dinoyo tanggal 20 – 21 Januari 2018

Terkait dengan tema majalah “Destinasi Wisata Kampung” menurut anda bagaimana prospeknya?

Kota Malang dijadikan kota transit dengan bermunculan hotel dan guest house bagus dikarenakan perkembangan destinasi wisata buatan dan asli di Batu dan Kabupaten Malang, kemudian muncul suatu ide atau destinasi wisata baru dengan adanya “Destinasi Wisata Kampung” di kota Malang maka akhirnya kampung-kampung itu dikelola menjadi suatu obyek wisata yang khas dan unik, prospeknya kedepan nya seluruh destinasi yang ada di kota malang tidak hanya destinasi wisata kampung, juga bisa destinasi wisata kuliner misalnya, perlu pengelolaan dan perhatian yang lebih baik lagi sehingga seluruh destinasi wisata yang ada di kota Malang bisa dijangkau dan diketahui oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah seperti contoh salah satunya resto madame wang di jl telomoyo ternyata banyak masyarakat dari kota lain sangat tahu produk batik dan makanan madame wang dari update informasi melalu instagram dan medsos lainnya

Bagaimana keterlibatan STMIK-ASIA untuk mensupport bisnis wisata di Kota Malang ?

Nah dengan adanya kegiatan bisnis practice ini kami bisa membantu mengembangkan bisnis wisata yang ada di Kota Malang salah satunya dengan Digital Marketing. Dalam dunia bisnis saat ini, digital marketing menjadi metode pemasaran yang banyak dipakai oleh para pengusaha untuk berpromosi dan memasarkan produk bisnisnya. Pemasaran digital telah terbukti dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, serta membantu persaingan dengan perusahaan-perusahaan besar. Bahkan untuk perusahaan yang masih baru merintis sekalipun.

Dari segi finansial, pemasaran secara digital dengan memanfaatkan teknologi internet memang memakan biaya yang lebih sedikit daripada teknik pemasaran konvensional. Dengan menerapkan digital marketing, hanya perlu memasang konten promosi di web bisnis ataupun di situs-situs milik agen pemasaran online. Jika belum memiliki website, bisa memanfaatkan media sosial atau blog gratis.

Dengan menerapkan strategi pemasaran digital, proses bisnis juga bisa menjadi lebih mudah dan sederhana. Untuk berpromosi misalnya, Anda cukup membuat katalog atau daftar produk beserta deskripsi masing-masing, tidak perlu memasang produk Anda secara fisik. Dengan begitu, Anda tentu tidak memerlukan banyak karyawan. Digital marketing juga membantu menjangkau target pasar yang lebih luas, memperluas jangkauan target pasar tentu berperan penting dalam meningkatkan kesempatan dalam mengembangkan bisnis yang signifikan, dengan target pasar yang lebih luas, jumlah penjualan pun otomatis juga bisa semakin meningkat.

Selain menjangkau target pasar yang lebih luas, digital marketing juga dapat membantu menjangkau target pasar yang potensial. Menjangkau target pasar yang potensial ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mempromosikan produk untuk komunitas tertentu ke forum-forum online, menggunakan media sosial, atau memasang iklan dengan menuliskan kata kunci khusus, sehingga bisnis wisara di kota Malang ini bisa cepat terekspose dan berkembang pesat dengan digital marketing yang dipelajari semua mahasiswa STMIK-STIE ASIA MALANG pada semester 3 mata kuliah BUSINESS PRACTICE

Terakhir, Apa target yang akan di capai STMIK-STIE ASIA ?

Target STMIK-STIE ASIA Malang, ingin menjadi Perguruan Tinggi yang paling diminati oleh calon mahasiwa baru baik lingkup Malang, Jawa Timur maupun di Indonesia, saat ini STMI-STIE Asia Malang yang diresmikan tgl 28-08-2008 Pukul 08.08.08 yang usianya masih muda, adalah semua prodi kita mendapatkan akreditasi “A”  sementara ini semua prodi sudah mendapatkan akreditasi “B”. Tetapi sebenarnya impian  yang lebih besar lagi , bahwa ilmu yang diberikan kepada mahasiswa-mahasiswi STMIK-STIE Asia bisa benar-benar berguna semuanya sehingga ketika sudah lulus untuk beradaptasi di tempat kerja tidak mengalami kesulitan, terkait dengan hal tersebut kami juga berharap perusahaan-perusahaan ketika mencari karyawan atau tenaga kerja langsung menunjuk STMIK-STIE ASIA MALANG , karena semua perusahaan tersebut tidak perlu mentraining lagi SDM yang baru diterima di tempat kerjanya karena alumninya sudah siap kerja dengan skill sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini dan pada saat yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *