Disukai kalangan penikmat perjalanan, terdapat banyak kegiatan dan obyek wisata menarik di kota wisata Batu.

Kalau berlibur ke Malang pasti gak lengkap kalau gak mampir ke Kota Batu. Kota Administratif yang dulunya menjadi bagian dari Kab. Malang ini memang punya banyak tempat-tempat asik untuk berlibur. Kawasan Kota Batu ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang banyak disukai kalangan penikmat perjalanan. Terdapat banyak kegiatan dan obyek wisata menarik di Batu. Di sana bisa menjumpai suguhan wisata alam yang menarik diantaranya wisata sejarah, wisata kuliner, aneka agrowisata dan lain-lainnya

Kota Batu yang memang sudah membrandingkan diri menjadi Kota Wisata Batu memang punya segala keunikan dan kondisi wilayah yang emang nyaman. Batu memang lebih dingin dan lebih sejuk dari Malang, karena Kota Batu dikelilingi gunung-gunung seperti Gunung Anjasmoro, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Panderman, Gunung Kawi dan gunung-gunung kecil lainnya.

Batu dan Malang adalah laksana dua sisi mata uang di dalam lanskap kepariwisataan Jawa Timur. Biasanya para wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Batu atau Malang selalu singgah di kedua daerah tersebut. Wilayah Malang terbagi menjadi 2 wilayah administratif pemerintahan, yakni Kota Malang dan Kabupaten Malang. Sedangkan kota Batu merupakan sebuah kota yang berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Malang. Kini, Batu telah dinamakan sebutan Kota Wisata Batu

Kalau jalan-jalan ke Kota batu biasanya daerah tujuan utamanya adalah Alun-Alun Kota dan selanjutnya akan berkunjung ke tempat wisata lainnya. Alun-Alun Kota Wisata Batu bisa menjadi tempat yang cocok buat bersantai dan menikmati udara sejuk Kota Batu saat berkunjung ke Batu. Suasana Alun-Alun Kota Batu menjadi lebih unik dan gemerlap saat malam hari. Dimana Alun-Alun ini disulap sedemikian rupa menjadi lebih gemerlap dan tentunya menarik yang melewati Alun-alunnya. Apalagi sebuah bianglala menjulang tinggi di tengah Alun-alun juga menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan untuk sekedar berhenti dan mencoba menaiki wahana Bianglala di Alun-alun Kota Wisata Batu.

Alun alun Kota Batu merupakan salah ikon destinasi wisata yang berada di pusat Kota Batu. Konon kawasan ini merupakan salah satu alun-alun kota modern pertama kali yang berada di dataran tinggi. Kota Batu adalah sebuah kota yang terletak di dataran tinggi di provinsi Jawa Timur. Kota ini berjarak sekitar 90 km sebelah barat daya kota Surabaya dan hanya berjarak sekitar 15 km dari Malang. Jika ingin bepergian dari kota Malang menuju ke Kediri atau Jombang, pasti akan melewati Batu terlebih dahulu.

Kota Wisata Batu merupakan salah satu kota yang ditujukan sebagai tempat wisata terkemuka di Indonesia, tentunya kota ini memiliki segudang tempat wisata yang terkenal. Sebut saja mulai dari alun-alun kotanya, BNS (Batu Night Spectacular), taman rekreasi Selecta, Pemandian Songgoriti, Batu Secret Zoo (Jawa Timur Park 2), Jawa Timur Park 1, Jawa Tiur park 3, Batu Night Spectacular, Batu Wonderland, Eco Green Park, Kusuma Waterpark, Predator Fun Park, Balai Besar, Museum Angkut, Museum Satwa (Jawa Timur Park 2), The Bagong Adventure Museum Tubuh, Kampung dolan dan masih banyak lagi.

Daya Tarik wisata terbaru di Kota Batu berupa wisata udara paralayang. Setiap hari Minggu, di alun-alun Batu diselenggarakan Pasar Wisata Minggu yang menjual makanan khas Batu serta berbagai macam kerajinan tangan. Jawa Timur Park merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur.

Di Batu juga terdapat Batu Night Spectacular, merupakan taman hiburan remaja dengan beberapa wahana menyerupai Dunia Fantasi Ancol di Jakarta. Selain itu, ada juga tempat pariwisata pelajar dan keluarga yaitu Museum Satwa. Museum yang bertaraf internasional dan bergaya Yunani ini adalah museum di mana replika satwa di seluruh dunia yang belum punah dan yang sudah punah ada di sini. Kita juga dapat melihat replika kerangka hewan purba. Museum Satwa ini juga pernah menjadi tempat syuting video clip lagu dari The Virgin yaitu Belahan Jiwa. Berbagai sarana kegiatan luar ruang banyak tersedia dan yang paling terkenal adalah Beji Outbound yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Junrejo.

Museum Angkut yang merupakan museum koleksi alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum ini menjadi museum transportasi pertama dan terlengkap di Asia. Selain itu, pada tahun 2015 di Batu juga dibuka The Bagong Adventure Museum Tubuh. The Bagong Adventure Museum Tubuh ini merupakan wisata pendidikan tentang anatomi tubuh manusia. The Bagong Adventure Museum Tubuh ini menjadi museum anatomi tubuh pertama di Indonesia dan terbesar di Asia. Pada tahun 2015 di kota Batu juga resmi beroperasi Predator Fun Park yang merupakan wisata pendidikan dengan koleksi hewan-hewan predator. Predator Fun Park terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.

Kota Wisata Batu memiliki beberapa pusat perbelanjaan mulai dari pusat perbelanjaan modern hingga pasar modern dan tradisional. Pusat perbelanjaan modern ternama di Batu di antaranya adalah Lippo Plaza Batu dan Plaza Batu, sedangkan pasar tradisional ternama di kota Batu adalah Pasar Batu. Selain itu, di Batu juga terdapat pasar terapung yang bernama Pasar Apung Nusantara yang menjadikannya sebagai pasar terapung pertama di Jawa Timur. Kompleks Pasar Apung Nusantara ini menjadi satu kesatuan dari kompleks wisata Museum Angkut di Batu.

Kota Batu sebagai kota wisata tak hanya menyediakan destinasi wisata hiburan. Namun juga tetap menghadirkan karakter lokal khas desa sebagai penunjang kejayaan sebuah kota wisata batu. Hal ini senada dengan semboyan yang dimiliki Wali Kota Batu 2018 Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso yakni Desa Berdaya Kota Berjaya.

Kampung Wisata Temas (Kampung Ekologi Batu Into Green) adalah Salah satu kampung yang berlokasi di RW 6 Kelurahan Temas Kota Batu ini bisa dijadikan alternatif wisata anda sekeluarga. Tak hanya berswafoto dan wisata, konten edukasi darikampung Ekologi Batu Into Green berupa program lingkungan secara rutin seperti bank sampah, proses daur ulang, membuat kerajinan dari sampah hingga kelas memasak dari bahan-bahan pertanian organik khas pertanian Temas.

Desa Wisata Tulung Rejo yang berlokasi di kawasan Kecamatan Bumiaji Kota Batu selain udaranya yang segar dan sejuk, disini anda bisa berpuas diri memandang lanskap pemandangan Kota Batu dari ketinggian. Selain itu, di kawasan inilah yang menyimpan sejuta potensi agrowisata di Kota Batu. Mulai dari wisata agro, wisata peternakan, wisata alam, wisata seni dan budaya hingga wisata industri rumahan.

Desa Wisata Kungkuk Tak jauh dari lokasi Desa Tulungrejo, tepatnya di Dusun Kungkuk Kecamatan Bumiaji Kota Batu juga menyimpan sejuta potensi wisata untuk anda sekeluarga. Lokasinya yang strategis, berada di kawasan pegunungan Arjuno suasananya sangat alami dan eksotik. Potensi pertanian utama disini yakni wisata petik jeruk dan buah jambu.

Desa Wisata Kampoeng Goenoeng Terletak di Jalan Melati No. 9 Dusun Kapru, Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu,  di sini pengunjung bisa merasakan nuansa khas pedesaan dengan dikelilingi panorama pegunungan yang asri nan sejuk. Untuk fasilitas wisata juga disediakan sarana prasarana antara lain seperti camping ground, rafting, tubing, outbound, petik apel, petik sayur, petik mawar. Anda juga bisa mencicipi menu masakan ala desa yang disuguhkan sebagai menu café dan resto ala Kampoeng Goenoeng.

Desa Oro-oro Ombo yang terletak di kaki Gunung Panderman ini juga memiliki keindahan pemandangan gunung yang sangat cantik.Ada beberapa objek wisata yang menarik di desa ini. Disini juga terletak objek wisata popular Coban Rais. Potensi pertanian khas Desa Oro-Oro Ombo juga adalah wisata petik jeruk juga sayur.

Rasanya dunia wisata paling lengkap ada Kota Wisata Batu dimana kita mendapatkan berbagai macam suguhan wisata alam, buatan dan budaya. Pantas saja di sebut gemerlap kota wisata.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *